SUMMARY
(MENYADARI
KESEMPATAN ATAU PELUANG DAN MENCIPTAKAN IDE)
·
Kesempatan atau peluang adalah suatu
keadaan yang menguntungkan dimana kita dapat menciptakan sebuah produk , servis
ataupun bisnis yang baru
·
Kesempatan atau peluang memiliki 4
kualitas penting yang harus di perhatikan
1. Attractive/Menarik
2. Timely/Tepat
waktu
3. Durable/Daya
tahan
4. Mengarah
kepada produk , servis dan bisnis yang menciptakan nilai guna suatu produk
tersebut bagi pembeinya atau customer
·
Perlu di ketahui juga bahwa kesempatan
atau peluang itu lebihbdari sekedar ide di karenakan kesempatan itu memiliki
ruang gerak untuk menyalurkan ide ide tersebut secara nyata
·
Ada 3 cara untuk mengetahui kesempatan
1. Observasi
terhadap trend yang sedang booming atau naik daun
2. Memecahkan
masalah yang berada di dalam masyarakat
3. Mencari
atau temukan celah di pasar atau
marketing
·
Observasi trend menciptakan sebuah
kesempatan bagi entrepreneur akan tetapi tidak semua trend yang dapat
menicptakan sebuah kesempatan berikut beberapa trend yang penting untuk menciptakan
kesempatan
1. Ekonomi
2. Sosial
3. Teknologi
4. Politik
·
Ekonomi trend
Ekonomi
trend membantu menentukan area yang matang untuk bisnis startup baru dan area
yang harus di hindari oleh startup
·
Sosial trend
Sosial
trend mengubah cara orang berperilaku dan menetapkan prioritas mereka, trend
ini memberikan peluang bagi bisnis baru untuk mengakomodasikan perubahan
·
Teknologi trend
Sudah
seharusnya teknologi menjadi trend karena seperti yang kita ketahui bahwa
peluang bisnis tidak jauh dari alat teknologi di era sekarang sangat bergantung
pada teknologi dalam ber bisnis
·
Politik trend
Aksi
politik dan perubahan peraturan juga memberikan dasar untuk peluang
·
4 karaketristik yang membuat seorang
entrepreneur lebih baik dalam menyadari peluang atau kesempatan di bandingkan
orang lain
1. Prior
experience
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa
pengalaman sebelumnya dalam industri membantu pengusaha mengenali peluang
bisnis
2. Cognitive
factors
Studi telah menunjukkan bahwa pengenalan
peluang mungkin merupakan keterampilan bawaan atau proses kognitif
3. Social
networks
Tingkat dan kedalaman jaringan sosial
individu memengaruhi pengenalan peluang
4. Creativity
Kreativitas adalah proses menghasilkan
ide baru atau berguna
·
Ada 3 teknik untuk menghasilkan sebuah
ide
1. Brianstorming
Merupakan teknik yang digunakan untuk
menghasilkan sejumlah besar ide dan solusi untuk masalah dengan cepat
2. Focus
group
Kelompok fokus adalah pertemuan lima
hingga sepuluh orang, yang telah dipilih berdasarkan karakteristik umum mereka
relatif terhadap masalah yang sedang di bahas
3. Libraries
and Intternet Research
Perpustakaan umum dan universitas besar
biasanya memiliki akses ke mesin pencari dan laporan industri yang akan
menghabiskan biaya ribuan dolar untuk akses Anda sendiri
·
Cara mendorong ide ide baru
1. Menetapkan
Focal Point untuk Ide
2. Beberapa
perusahaan memenuhi tantangan untuk mendorong, mengumpulkan, dan mengevaluasi
ide dengan menunjuk orang tertentu untuk menyaring dan melacak mereka - karena
jika pekerjaan semua orang , mungkin tidak ada yang bertanggung jawab
3. Pendekatan
lain adalah mendirikan bank ide, yang merupakan gudang fisik atau digital untuk
menyimpan ide
4. Mendorong
Kreatifitas di Tingkat Perusahaan
5. Kreativitas
adalah bahan mentah yang masuk ke dalam inovasi dan harus di dorong pada
tingkat pengawasan organisasi dan individu
·
Melindungi Ide-Ide Hilang atau Dicuri
o
Langkah 1
Ide
harus dimasukkan dalam bentuk nyata seperti dimasukkan ke dalam buku catatan
ide fisik atau disimpan pada disk komputer , dan tanggal ide pertama kali
dipikirkan harus dimasukkan
o
Langkah 2
Idenya
harus diamankan. Ini mungkin tampak seperti langkah yang jelas, tetapi sering
diabaikan
o
Langkah 3
Hindari
membuat pengungkapan ide yang tidak disengaja atau sukarela, dengan cara yang
kehilangan hak untuk mengklaim hak eksklusif untuk itu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar