Kamis, 27 September 2018

FEASIBILITY ANALYSIS SUMMARY


SUMMARY SESSION 5-6
FEASIBILITY ANALYSIS


·       Definisi feasibility analysis adalah proses penentuan apakah ide bisnis dapat berjalan dengan baik atau tidak
·       Ada waktu tertentu atau kapan kita harus melakukan feasibility analysis , waktu yang tepat untuk melakukan analisis kelayakan adalah sejak awal dalam memikirkan prospek untuk bisnis baru
·       Pemikirannya adalah menyaring gagasan sebelum banyak sumber daya dihabiskan untuk mereka
·       Ada 4 macam bentuk feasibility analysis
1.     Product/Service feasibility
2.     Industry/Target market feasibility
3.     Organizational feasibility
4.     Financial feasibility
·       Product/Service feasibility
Merupakan penilaian daya tarik keseluruhan produk atau layanan yang diusulkan.
Di bagi menjadi 2 komponen berbeda :
1.     Product/Service Desirability
2.     Product/Service Demand
Ada dua langkah untuk menilai permintaan produk / layanan.
Langkah 1: Kelola Survei Niat Beli
Langkah 2: Lakukan riset perpustakaan , Internet , dan Gumshoe
·       Gumshoe Research
Gumshoe adalah detektif atau penyelidik yang mencari-cari informasi atau petunjuk di mana pun mereka dapat ditemukan.
·       Industry/Target market feasibility
Merupakan penilaian daya tarik keseluruhan industri dan target pasar untuk bisnis yang diusulkan. Di bagi menjadi 2 komponen berbeda :
1.     Industry Attractiveness
Industri bervariasi dalam hal daya tarik keseluruhannya
2.     Target market attractiveness
Tantangan dalam mengidentifikasi target pasar yang menarik adalah menemukan pasar yang cukup besar untuk bisnis yang diusulkan tetapi belum cukup kecil untuk menghindari menarik pesaing yang lebih besar



·       Organizational feasibility
Di lakukan untuk menentukan apakah suatu bisnis yang diusulkan memiliki keahlian manajemen yang cukup, organisasi. Di bagi menjadi 2 komponen berbeda:
1.     Management prowess
Suatu perusahaan harus secara jujur mengevaluasi kehebatan, atau kemampuan, dari tim manajemennya untuk memuaskan dirinya bahwa manajemen memiliki semangat dan keahlian yang diperlukan untuk meluncurkan usaha tersebut.
2.     Resource sufficiency
Topik ini berkenaan dengan penilaian apakah seorang pengusaha memiliki sumber daya yang cukup untuk meluncurkan usaha yang diusulkan
·       Financial feasibility
Merupakan komponen terakhir dari analisis kelayakan yang komprehensif
Di bagi menjadi 3 komponen berbeda :
1.     Total start-up cash needed
Masalah pertama mengacu pada total uang yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bisnis untuk melakukan penjualan pertama
2.     Financial Performance of Similar Businesses
Perkirakan kinerja keuangan awal yang diusulkan dengan membandingkannya dengan bisnis serupa yang sudah mapan
3.     Overall Financial Attractiveness of the Proposed Venture


Tidak ada komentar:

Posting Komentar